SAAT INI, MAINANPUN WAJIB SNI

   Teman teman mungkin pernah lihat iklan di televisi yang mewajibkan para pengguna motor untuk menggunakan helm ber SNI. Nah, 2014 pemerintah pun mengajarkan agar mainan juga memiliki label SNI. Tapi, apa sih SNI itu dan mengapa mainan pun harus ber SNI?

   Banyak kejadian membahayakan keselamatan dan kesehatan anak anak ketika bermain dengan mainannya . Misalnya , tersedak mainan berukuran kecil , tergores karena mainan yang runcing, kesetrum karena mainan mengandung komponen listrik , ataupun bahaya kandungan kimia karena mainan menggunakan cat mengandung racun dan mercuri.

   Salah satu penyebab karena produk mainan tersebut tidak memiliki standar "itulah alasan pemerintah mengeluarkan peraturan menteri perindustrian republik indonesia nomor 24 /M-IMD/PER/2013 tentang pemberlakuan standar nasional indonesia (SNI) Mainan secara wajib." terang Richard N. Ka subdit Alas kaki, Kulit dan Aneka Direktorat industri tekstil dan aneka, bercinta di industri manufaktur, kementerian perindustrian republik indonesia.

   Pemberlakuan standar nasional indonesia mainan ini berlaku pada semua mainan yang beredar di indonesia baik itu mainan yang diproduksi oleh produsen lokal skala industri besar, importir maupun mainan yang diproduksi oleh industri kecil menengah.

   Sosialisasi mengenai mainan wajib SNIsudah dilakukan kalangan produsen ,importir ,tenaga ahli ,perusahaan perusahaan penguji (lembaga sertifikasi produk ) dan WTO. Menurut bapak Ricard, sosialisasi kepada anak anak di sekolah juga akan dilakukan "ini agar anak anak juga mengerti mainan yang mereka gunakan bahaya atau tidak " ujan Bp.  ricard 

   Hingga saat ini, produsen dan impor yang sudah mereka istrasi untuk wajib standar nasional indonesia produk mainan mereka ke direktorat jenderal basis industri manufaktur kementerian perindustrian republik indonesia, ada sekitar 60 perusahaan importir dan 58 produsen lokal.

SNI Mainan meliputi
1. Keamanan mainan elektrik.
2. Keamanan mainan yang bersifat mudah terbakar.
3. Keamanan mainan yang memiliki kemungkinan migrasinya unsur unsur kimia yang terkandung di     dalamnya.
4. Taman mainan ayunan, luncuran mainan aktivitas sejenis untuk pemakaian di dalam dan di luar           lingkungan tempat tinggal 


TIPS Memilih Mainan Berlabel SNI :
1. Apel diletakkan pada tempat yang mudah terlihat dan tidak mudah hilang.
2. Lapar berbentuk bujur sangkar dengan ukuran minimal 7 kali 7 mm 
SAAT INI, MAINANPUN WAJIB SNI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: undangan

No comments:

Post a Comment